Wednesday, May 7, 2014

Solusi Laptop Mendadak Mati Total

Laptop saya tiba-tiba matot (alias MATI TOTAL). La gimana tuh rasanya??? Apalagi U-19 indo kalah lawan myanmar. Wah rasanya nya sakit yang ditumpuk-tumpuk. Berikut solusi yang saya dapatkan dari browsing di internet.

Kemungkinan Masalah:

Apabila perangkat prosesor sudah panas, maka yang terjadi adalah laptop tiba-tiba mati. Ciri-cirinya, setelah dihidupkan beberapa menit (10 menit ke atas) maka prosesor akan panas karena tidak mendapatkan sistem pendingin yang baik. Sehingga prosesor akan mati dengan sendirinya, pun laptop Anda juga akan mati secara keseluruhan. Mengapa dapat mati dengan sendirinya? Sebagaimana telah tersematkan bahwa prosesor memiliki sensor thermal (suhu) yang apabila terkena panas yang berlebihan dan sudah melebih ambang batas maka akan mati secara otomatis guna menghindari terjadinya konsleting ataupun hal-hal yang tidak dinginkan lainnya.

Solusi:
  • Bongkar laptop Anda secara hati-hati, kalau perlu cari bantuan orang yang sekiranya telah ahli dalam bidang bongkar-pasang perangkat laptop.
  • Lepas kipas pendingin, dan kemungkinan besar di situ terdapat banyak debu.
  •  Bersihkan debu yang menempel, oleskan cairan khusus untuk membersihkan perangkat keras laptop.
  •  Kemudian keringkan sejenak, lalu usap dengan menggunakan tisu atau kain khusus untuk membersihkan perangkat laptop.
  • selesai
inti dari cara diatas adalah membersihkan fan laptop yang kemungkinan kotor dan menyumbat ventilasi udara laptop.

Perlu diingat bahwa kemungkinan yang telah saya paparkan diatas adalah kemungkinan yang bisa jadi sama atau berbeda dengan masalah yang diahadapi oleh kamu.

sumber



No comments:

Post a Comment